Pendidikan Jasmani (PENJAS)


Henri Gunawan Pratama, M.Pd
Ketua Program Studi S1 Pendidikan Jasmani

 

VISI

    • “Mewujudkan Program Studi Pedidikan Jasmani  yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan kompetensi profesional yang handal serta mempunyai daya saing yang tinggi di bidang pendidikan Pada Tahun 2024”.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk mencetak tenaga pendidikan di bidang Penjas yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang handal dan berkualitas.
  • Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan dan sistem informasi.
  • Memanfaaatkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan pada kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui layanan prima berkaitan dengan bidang keolahragaan.

PROFIL LULUSAN

    Kualifikasi Lulusan (Jenjang Kualifikasi 6 KKNI) :

      Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi.
  2. Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS.
  3. Mampu mengembangkan model pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS.
  4. Mampu melakukan kajian dan memberikan penyelesaian terhadap masalah pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan bersumber pada penelitian tindakan kelas.
  5. Mampu bersosialisasi dengan teman sejawat lembaga terkait alumni dan masyarakat sekitar dengan pengaplikasian dan pengembangan bidang ilmu pendidikan jasmani dan olahraga.
  6. Mampu menjadikan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga.

     Pembina Ekstrakurikuler Olahraga

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan ekstrakurikuler olahraga.
  2. Mampu memanfaatkan sumber daya dan potensi lingkungan dalam mengembangkan kegiatan ekstrakulrikuler.
  3. Mampu berinovasi, melakukan kajian dan memberi penyelesaian pada masalah pada lingkup kegiatan ekstrakurikuler secara ilmiah.
  4. Mampu memfasilitasi peserta didik dalam meraih prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga.

     Masseur/Massasse

  1. Mampu mengaplikasikan ilmu massase dengan baik sebagai proses pencegahan dan penyembuhan cidera.
  2. Mampu menjadi masseur yang dinamis terkait dengan perkembangan IPTEKS pada bidang ilmu massase.
  3. Mampu melakukan kajian dan memberikan sumbangsih pada perkembangan ilmu massase.

     Teacherpreneur

  1. Mampu melihat dan merealisasikan peluang bisnins yang baik sesuai dalam ruang lingkup bidang pendidikan, jasmani, olahraga dan kesehatan maupun bidang yang lainnya.
  2. Mampu melakukan kalkulasi untung rugi secara sederhana.

GELAR LULUSAN

Gelar lulusan program studi Pendidikan Jasmani : S.Pd (Sarjana Pendidikan)

TUJUAN PENDIDIKAN

  • Mewujudkan pembelajaran Penjas yang inovatif  dan efektif sesuai dengan standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sehingga dapat menghasilkan lulusan/tenaga pendidikan bidang studi Penjas yang berkompeten, berkepribadian dan senantiasa berorientasi pada permintaan pasar/kebutuhan stakeholder
  • Meningkatkan kualitas staf pengajar (Dosen) untuk memutakhirkan substansi kajian materi dalam pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan lulusan/tenaga pendidikan bidang studi Penjas yang handal dan profesional.
  • Mewujudkan ketersediaan sarana dan prasarana yang diperlukan, sehingga sistem pembelajaran yang berkualitas dan inovatif dapat dilaksanakan, guna menghasilkan lulusan.tenaga pendidikan bidang studi Penjas yang menguasai IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
  • Mewujudkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas lulusan

KURIKULUM

Kurikulum pendidikan tinggi tingkat sarjana adalah seperangkat perencanaan pembelajaran yang disusun untuk membelajarkan mahasiswa. Secara mendasar, penyusunan kurikulum Program Studi Pendidikan Jasmani berlandaskan  pada visi dan misi Prodi yang sejalan dengan visi dan misi STKIP PGRI Trenggalek. Kurikulum tersebut berisi kompetensi lulusan, bahan kajian, dan capaian pembelajaran yang bermuara pada mata kuliah yang disajikan kepada mahasiswa. Selain ketiga hal yang telah disebutkan sebelumnya di dalam kurikulum juga terdapat pedoman pelaksanaan perkuliahan baik untuk satu semester, sampai mahasiswa dinyatakan lulus maupun pedoman untuk beberapa mata kuliah yang pelaksanaannya berbeda dengan mata kuliah lain, dan juga pedoman penilaian hasil perkuliahan

STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah sks yang tersedia adalah 158 sks dengan rincian 138 sks mata kuliah wajib dan 20 sks mata kuliah pilihan. Untuk menyelesaikan studi, lulusan harus mencapai 148 SKS dengan rincian 138 sks mata kuliah wajib dan 10 sks mata kuliah pilihan. Berikut pembagian sks mata kuliah wajib dan pilihan.


NAMA DOSEN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
 

NO NAMA NIDN
1 Henri Gunawan Pratama, M.Pd 0705058801
2 Baskoro Nugroho Putro, M.Pd 0728068901
3 Drs. Sugeng Sulendro, M.M 0019085802
4 Ardhi Kurniawan, M.Pd 0707048702
5 Bayu Nugraha Murdiyansah, M.Pd 0721069001
6 Muhammad Soleh Fudin, M.Pd 0722018701
7 Khamim Hariyadi, M.Pd 0719058802